Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian pesat, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi badan usaha. Kualitas sumber daya manusia organisasi sangat menentukan sukses atau gagalnya pencapaian tujuan organisasi.
Sumber
daya manusia merupakan sumber daya organisasi yang paling vital dan diakui
sebagaiasset yang paling berharga bagi badan usaha.
A.
PENGERTIAN
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu
proses menangani berbagai masalah
pada
ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk
dapat
menunjang
aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah
ditentukan.
Bagian
atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia
atau
dalam
bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner
manajemen
sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan
untuk
memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk
ditempatkan
pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Berikut
ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:
1.
Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM
adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif
dan
efisien
membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
2.
Menurut Henry Simamora
MSDM
adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa
dan
pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja.
MSDM
juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan
personalia,
pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan
dan
hubungan perburuhan yang mulus.
Model
Manajemen Sumber Daya Manusia :
• Model Klerikal
• Model Hukum
• Model Finansial
• Model Manjerial
• Model Humanistik
• Model Ilmu Perilaku
B. ASPEK
PENGEMBANGAN SDM
• Aspek kuantitas yang mencakup jumlah
SDM yang tersedia atau penduduk,
• Aspek kualitas yang mencakup
kemampuan SDM baik fisik maupun non fisik atau kecerdasan dan mental dalam
melaksanakan pembangunan.
C.
BEBERAPA CARA YANG DILAKUKAN DALAM HALPENGEMBANGAN SDM
• Melakukan pelatihan-pelatihan
• Memberikan reward bagi karyawan yang
kerjanya mencapai target yang diberikan oleh perusahaan.
• Meningkatkan kompetensi individu
karyawan pada perusahaan tersebut
D.
BEBERAPA TUJUAN DILAKUKANNYA PELATIHAN
• Meningkatkan pengetahuan karyawan
dalam hal budaya dan pesaing mancanegara yang diperlukan untuk sukses di pasar
internasional.
• Membantu meyakinkan bahwa karyawan
memiliki keterampilan dasar dalam teknologi atau komputer.
• Membantu karyawan dalam memahami
bagaimana bekerja dengan efektif untuk meningkatkan kualitas produk.
• Menekankan budaya organisasi dalam
inovasi,kreatifitas dan pembelajaran.
KESIMPULAN
• Masalah SDM dalam suatu perusahaan
sangatlah bervariasi, maka dari itu suatu perusahaan harus mengetahui apa
kekurangan dan kelemahan dari SDMnya sendiri.
• Pelatihan SDM bertujuan untuk
meningkatkan skill dari karyawan tersebut mulai dari teori, perilaku kerja, dan
pemikirannya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://selviintan18.blogspot.com/2013/12/pengembangan-sumber-daya-manusia-msdm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar